Inilah Resikonya Jika Telat Ganti Oli Mobil Secara Teratur

Telat Ganti Oli Mobil

Kerusakan yang meluas akan terjadi apabila anda terlalu lama telat ganti oli mobil secara teratur. Bahkan bisa saja mobil harus sampai turun mesin. Hal ini terjadi karena ada kerusakan dari mulai komponen kecil sampai dengan yang terpenting. Pemilik mobil memang harus jeli mengenai perawatan kendaraan, salah satunya dalam hal penggantian oli yang harus dilakukan dengan rutin pada jarak tempuh tertentu.

Pada berbagai kendaraan memang disarankan berbeda-beda, akan tetapi cara sederhana agar bisa mengecek indikator maupun secara manual.

Resikonya Jika Telat Mengganti Oli Mobil

Sangat penting bagi anda untuk mengganti oli mobil tepat waktu. Banyak resiko yang akan terjadi kalau malas untuk rutin melakukan servis dan telat ganti oli mobil. Berikut ini beberapa akibat yang dapat muncul pada kendaraan:

Kondisi Overheating

Risiko pertama yang bisa terjadi adalah overheating saat telat ganti oli mobil. Hal ini akan terjadi saat oli mobil sudah sedikit dan kotor. Fungsi oli sebagai pendingin mesin tidak akan berfungsi secara maksimal dan akhirnya pada saat mesin hidup dan bisa menyebabkan suhu mesin menjadi sangat panas.

Penurunan Kualitas Mesin

Risiko selanjutnya bila anda telat ganti oli mobil adalah memperburuk kinerja mesin. Fungsi dari oleh sendiri adalah memaksimalkan mesin agar bekerja lebih efektif dan tidak panas. Fungsi oli yang terlalu lama tidak diganti akan membuatnya Jadi kotor dan tidak akan membuat pelumasan jadi efektif. Gesekan antar komponen mesin semakin buruk dan mempercepat aus, sehingga umur mesin jadi lebih pendek.

Boros Bahan Bakar

Wali yang lama tidak diganti, akan membuat gesekan antar komponen mesin makin membuatnya cepat panas. Akibatnya, tarikan mesin akan jadi makin berat dan membutuhkan tenaga ekstra untuk melakukannya. Makin besar tenaga yang diperlukan untuk makin banyak bahan bakar yang dihabiskan sehingga lebih jadi cepat boros.

Kerusakan Berbagai Komponen Mesin

Gesekan antara mesin yang terjadi pada mesin, tidak akan bisa diantisipasi kalau oli yang digunakan sudah terlalu kotor dan sedikit. Akibatnya, keausan cepat terjadi dan mengikis bagian-bagian mesin secara perlahan. Komponen yang biasanya akan cepat rusak adalah piston, silinder, dan banyak bagian lainnya.

Kesimpulannya, telat ganti oli mobil bisa mengakibatkan beberapa kerusakan yang cukup serius pada kendaraan. kerusakan tersebut mulai dari terjadinya overheating, penurunan kualitas mesin, bensin yang boros, serta kerusakan pada komponen penting mesin. Penting bagi anda untuk melakukan servis berkala setelah jarak tempuh tertentu, terutama dalam hal penggantian oli ini.