Tips Ganti Oli Mesin Chevrolet Spin Tanpa Ke Bengkel

Oli Mesin Chevrolet Spin

Penggantian oli mesin chevrolet spin secara umum dapat anda lakukan setiap 5000 km. Hal ini dilakukan untuk menjaga performa mesin. Karena oli yang tidak diganti dalam waktu lama bisa berakibat buruk pada mesin dan penggunaan bahan bakar jadi makin boros.

Jika anda tidak punya waktu ke bengkel, selama memiliki persiapan yang cukup, ganti oli mesin dapat dilakukan sendiri di rumah.

Cara Ganti Oli Mesin Chevrolet Spin Sendiri

Chevrolet spin sendiri termasuk jajaran mobil kelas menengah ke atas yang banyak diminati masyarakat Indonesia. Sejumlah keunggulannya yaitu irit bahan bakar, kabin nyaman, bagasi luas serta interior yang modern jadi nilai lebih tersendiri. Keunggulan tersebut meski ditunjang dengan perawatan maksimal salah satunya dalam hal penggantian oli mesin chevrolet spin yang bisa anda lakukan sendiri, berikut tipsnya:

Menyiapkan Peralatan Dengan Lengkap

Siapkanlah peralatan untuk ganti oli secara lengkap. Perlengkapan tersebut meliputi kunci pas, wadah untuk oli bekas, filter oli, alat untuk membuka dan memasang filter, serta tentunya oli baru yang direkomendasikan. Pastikan kendaraan pada posisi datar, pasang rem tangan, ditambah balok untuk ban jika diperlukan. Pastikan juga mesin dalam keadaan dingin agar oli tidak menempel.

Mengecek Adanya Kebocoran Oli

Sebelum mengganti oli mesin chevrolet spin, pastikan dahulu apakah ada kebocoran atau tidak. Periksalah stik oli apakah ada pengurangan atau tidak? dan jika ada pengurangan paling tidak satu liter maka masih dinyatakan normal karena terjadinya proses penguapan dan oksidasi. Namun, apabila kebocoran lebih dari 1 liter disertai adanya tetesan dan asap yang keluar dari knalpot, maka periksalah lebih lanjut ke bengkel.

Menguras Oli Dan Mengisi Dengan Yang Baru

Setelah semua alatnya siap, Anda bisa mulai menguras oli dengan mendongkrak mobil dan menaruh wadah penampungan oli. Bukalah knop tangki oli atas dan dari bawah buka juga penutup oli dan biarkan mengalir. Setelah oli lama dikuras, gantilah filter sebelum mengisinya dengan oli baru. Lakukan pelumasan pada filter dengan oli baru dan tuangkan, jangan lupa juga untuk mengecek dengan stik agar volume oli baru sesuai.

Itulah beberapa tips mengenai cara mengganti oli mesin chevrolet spin secara mandiri. Perawatan terhadap kendaraan memang penting agar menjaga kualitas mesin dan memperpanjang umur kendaraan. Kami harapkan artikel ini dapat bermanfaat untuk anda aplikasikan.