Cara Cek Oli Mesin Grand Max Yang Bisa Dilakukan Sendiri

Cara Cek Oli Mesin Grand Max

Sebenarnya, cara cek oli mesin grand max bisa dilakukan dengan mudah, salah dengan memperhatikan lampu indikatornya. Namun disptik juga diperlukan. Karena menggunakan dipstik akan jauh lebih akurat.

Tentu saja setiap mobil indikator oli, apabila indikator itu mati dalam waktu kurang dari 3 detik setelah mobil dinyalakan, artinya oli masih dalam kondisi yang bagus. Meskipun demikian, anda juga kerap kali perlu melakukan pengecekan secara manual agar lebih yakin terhadap kondisi yang sebenarnya.

Mobil grand max sendiri termasuk salah satu yang banyak digunakan terutama untuk para pengusaha kecil menengah. Penting sekali untuk memastikan kondisi mobil selalu dalam keadaan prima, agar tetap menunjang usaha yang jalankan. Salah satunya adalah dengan mengecek kondisi oli apa masih dalam kondisi bagus atau ganti, ditambah, atau dikuras.

Cara Cek Oli Mesin Grand Max Secara Manual

Pada prakteknya, pengecekan kondisi oli sebenarnya bisa anda lakukan sendiri. Salah satunya dengan mengecek kualitas dari warnanya. Apabila kondisi warna oli terlalu gelap artinya sudah kotor dan perlu diganti.

Langkah mengecek kualitas oli mesinnya sendiri adalah sebagai berikut:

Pastikan Posisi Mobil Tepat

Pada langkah pertama, anda harus memastikan posisi mobil terparkir pada tempat yang rata posisi oli seimbang. Kalau mesin Anda sebelumnya dalam posisi menyala, tunggulah dahulu dalam keadaan dingin. Ini dilakukan demi keselamatan anda, karena bisa jadi kondisi mesin panas dan jika tidak sengaja menyentuhnya bisa membahayakan.

Mempersiapkan Alat Yang Diperlukan

Cara cek oli mesin grand max yang tidak kalah pentingnya adalah memastikan alatnya tersedia. Siapkanlah kain lap, penutup mata dan hidung, jika diperlukan. Kemudian, buka kap mesin dan siapkan kain lap untuk dipakai menarik dipstick atau stik oli. Umumnya, dipstik ada di atas bongkahan mesin, dan bersihkan ujungnya dengan lap.

Melihat Level Oli Pada Disptick

Selanjutnya, pastikan dipstick tersebut dalam posisi benar dan tidak terbalik. Pada dipstick sendiri akan ada dua tanda penting yaitu F (Full) dan E (Empty). Masukkan kembali dipstick sampai ujungnya, dan kemudian kembali angkat untuk melihat level oli mesin berada di posisi mana, jika sudah empty atau mendekatinya, maka sebaiknya segeralah mengganti oli mesin gran max anda.

Itulah cara cek oli mesin grand max yang bisa anda lakukan sendiri di rumah. Oli merupakan unsur sangat vital pada kendaraan dan harus diganti secara berkala. Apalagi, grand max sendiri pada umumnya digunakan sebagai mobil untuk usaha yang tentu saja mobilitasnya sangat tinggi.