Cara Cek Oli Mesin Espass Yang Praktis dan Mudah

Cara Cek Oli Mesin Espass

Pengetahuan mengenai cara cek oli mesin espass memang sangat dibutuhkan. Terutama mencegah kelebihan maupun kekurangan oli. Pada setiap kendaraan, pasti akan tersedia lampu indikator oli yang bisa menjadi tanda status oli kendaraan.

Nyalakan mesin dan tunggu 1 sampai 3 detik, jika lampu indikator oli mati, maka jumlah oli masih dalam keadaan baik. Namun, jika menyala Anda harus mulai mengecek kondisi oli kendaraan karena kemungkinan oli kurang dari 1 liter atau bisa jadi terjadi kebocoran.

Cara Mengecek Oli Mesin Espass

Selain melalui lampu indikator pada kendaraan, cara cek oli mesin espass juga bisa anda lakukan secara manual dan mandiri. Ini dilakukan untuk makin meyakinkan anda tentang status oli mesin yang sebenarnya. Berikut ini akan kami jelaskan beberapa langkah pengecekan tersebut:

Membuka Kap Mesin Mobil Dan Tarik Dipstik

Pertama mulailah dengan memastikan kondisi mobil anda dalam keadaan dingin pada saat mengeceknya. Bukalah kap mesin mobil sepenuhnya dan dan jangan lupa untuk dikaitkan agar tidak terjadi kecelakaan. Setelah itu, tariklah tongkat celup oli atau dipstick yang pasti tersedia pada kendaraan. Tariklah tongkat tersebut dan bersihkan dengan kain atau tisu.

Mencelupkannya Tongkat Kembali

Cara cek oli mesin espass yang berikutnya adalah mencelupkan dipstick kembali ke dalam tangki oli. Pada tongkat sendiri, akan ada indikator Add dan Full. Saat Anda menarik kembali tongkat dan melihat tanda oli pada posisi Add, maka anda harus segera melakukan penggantian oli. Sebaliknya, apabila masih dalam keadaan full maka oli boleh diganti nanti.

Mengecek Kualitas

Pengecekan yang berikutnya adalah dengan melihat kualitas oli juga. Apabila anda melihat kondisi oli sudah dalam keadaan kotor dan berwarna sangat hitam, maka anda perlu juga untuk melakukan penggantian oli. Kondisi oli yang hitam pekat dan kotor menjadi tanda bahwa kinerja mesin cukup berat dan perlu pembersihan secara maksimal.

Kesimpulannya, cara cek oli mesin espass bisa anda lakukan secara mandiri di rumah. Cara sederhananya, bisa anda lakukan dengan melihat lampu indikator oli yang menyala, jadi pertanda oli perlu segera diganti. Untuk mengetahuinya secara lebih pasti, pengecekan manual juga perlu Anda lakukan agar tahu secara kualitas dan kuantitas oli mesin yang sebenarnya.